May 31, 2012

Penyimpanan Data Tertua Di Dunia

Penyimpanan Data Tertua Di dunia ~ Tahukah Para Pembaca Apa Alat Penyimpanan Data Yang paling pertama ada yang sudah bisa disebut sebagai media penyimpanan tertua di dunia? berbicara mengenai penyimpanan data, sebenarnya apa sich itu penyimpanan data? Penyimpanan data merupakan Suatu alat atau Media yang berfungsi untuk menyimpan data dalam suatu wadah yang dapat dilihat, dirubah, dan diaca oleh pengguna. 

Penyimpanan data Tertua dan pertama didunia adalah Punched Card, Sejak tahun 1725 telah dirancang sebuah media untuk menyimpan data yang diperkenalkan oleh seorang tokoh bernama Basile Bouchon menggunakan sebuah kertas berforasi untuk menyimpan pola yang digunakan pada kain. Namun pertama kali dipatenkan untuk penyimpanan data sekitar 23 September 1884 oleh Herman Hollerith


sebuah penemuan yang digunakan lebih dari 100 tahun hingga pertengahan 1970. Contoh di sini adalah bagaimana sebuah punch card dapat berfungsi sebagai media penyimpanan, memiliki 90 kolom (90 column punch card), terjadi tahun 1972. Jumlah data yang tersimpan dalam media tersebut sangat kecil, dan fungsi utamanya bukanlah menyimpan data namun menyimpan pengaturan (setting) untuk mesin yang berbeda.

walaupun hanya mampu menyimpan pengaturan mesin, namun punch card tergolong penyimpanan data, dikarenakan, mampu menyimpan informasi yang dapat dilihat, dirubah, dan dibaca oleh pengguna, walaupun data yang dapat ditampung oleh puched card sangatlah sedikit yaitu hanya 90 kolom punched.

berikut gambar dari punched card :


















Semoga Bermanfaat . . .!

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...