January 18, 2013

Definisi Komunikasi Data


Definisi Komunikasi Data ~ Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain) yang terhubung dalam sebuah jaringan melalui beberapa media. Media tersebut dapat berupa kabel coaksial, fiber optic (serat optic) , microware dan sebagainya. Baik lokal maupun yang luas, seperti internet

Komunikasi data merupakan gabungan dari beberapa teknik pengolahan data. Dimana telekomunikasi dapat diartikan segala kegiatan yang berhubungan dengan penyaluran informasi dari satu titik ke titik lain. Sedangkan pengolahan data adalah segala kegiatan yag berhubungan dengan pengolahan data menjadi informasi yang berguna bagi user. 

Dari keterangan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa data tersebut merupakan bahan yang akan diolah menjadi suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih mempunyai arti. Sedangkan informasi adalah hasil pengolahan data atau hasil proses dari data tersebut.

Dalam sistem komunikasi data dikenal beberapa macam kelas perangkat keras (hardware) yang dianggap generik

  1. Terminal / komputer
  2. Saluran Komunikasi / Saluran Transmisi
  3. Modem / Network Termination Unit
  4. Multiplexer
  5. Concentrator
Demikian definisi komunikasi data yang sempat saya sampaikan pada artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat buat teman-teman.


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...