November 02, 2013

3 dari 4 Pengguna Ponsel tidak mengatahui Etika Bertelepon

3 dari 4 Pengguna Ponsel tidak mengatahui Etika BerteleponPonsel sudah menjadi bagian dari hidup kita. Dari sekitar 300 juta populasi manusia, 330 juta di antaranya adalah populasi pengguna ponsel, begitu menurut data yang dilansir Online College. Wow, ini berarti jumlah ponsel sudah lebih banyak dari manusia. Dan ada saja manusia yang memiliki lebih dari 1 ponsel.
Namun, bagaimana dengan etika berponsel? Apakah sudah cukup diterapkan? Ternyata tidak. Sebanyak 3 dari 4 pengguna ponsel menyatakan bahwa etika bertelepon adalah hal usang yang sudah layak dilupakan sejak 2 tahun lalu.
Tak heran jika banyak yang melupakan etika berkomunikasi melalui ponsel, sebab bombardir arus komunikasi yang sedemikian derasnya. Ponsel seolah sudah mengambil alih kehidupan sehari-hari. Di Amerika saja, terkirim 3,5 juta SMS setiap menitnya.  9 dari 10 pelajar tetap ber-SMS walau sedang dalam kelas.  Bahkan 1 dari 10 SMS itu dikirim saat ujian berlangsung. 3 dari 4 mahasiswa mengaku tidur bersama ponselnya di malam hari.
Sementara pada orang dewasa, sebanyak 15% tetap menerima telepon walau sedang melakukan hubungan seksual. Bahkan saat berkendara pun, 3 dari 4 orang dewasa tetap betelepon dan berkiriman SMS.
Walau saat di kamar mandi, 3 dari 4 orang Amerika tetap membawa ponselnya untuk SMS, main games, atau kirim email. Ini setara dengan 247,5 juta warga Amerika. Dari jumlah itu, 63% mengaku melakukan panggilan telepon saat di kamar mandi, dan 41% menerima panggilan. Maka tak heran jika 1 dari 5 warga Amerika pernah menjatuhkan ponselnya ke toilet.
Rata-rata mereka mengaku berbicara 3 kali lebih keras saat menelepon.  Sebanyak 55% dari mereka merasa sering mendengarkan pembicaraan orang yang tak perlu didengar. Ada juga yang mengaku terganggu dengan suara orang bermain games atau mendengar musik di ponsel. 21% responden menyatakan tidak suka menengar obrolan orang lain saat menelepon. Yang terganggu dengan bunyi orang ber-SMS ketika menonto bioskop. Tapi di balik itu semua, 90% pengguna ponsel merasa mereka sudah cukup berkelakuan baik dalam memakai ponsel.
Bagaimana dengan Anda?

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...