August 25, 2012

Tips Cara Merawat Printer Infus Agar Tetap Awet

Tips Cara Merawat Printer Infus Agar Tetap Awet ~ Dalam Melakukan Perawatan terhadap printer yang menggunakan infus sangat berbeda dengan printer yang tidak menggunakan infus. 

printer Infus memang memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan tidak menggunakan infus, selain itu bisa memudahkan untuk pengisian tinta dan penggunaannya yang bisa mencetak hingga ribuan lembar dalm seharinya, tanpa harus kehabisan tinta.

Infus juga memberikan kelebihan dengan tampungan tinta lebih banyak sehingga tidak terlalu repot untuk terus mengisi tinta setiap mencetak 100 lembar untuk yang tidak menggunakan infus.

namun kelebihan-kelebihan tersebut juga memiliki kekurangan-kekurangan tertentu, seperti seringnya terjadi error pada printer akibat tidak machinenya infus dengan catridge printer dan printer akan terlihat kotor karena banyaknya tinta yang berlumuran terutama dibagian pembuangan printer.

berikut contoh Printer yang tidak dirawat dengan baik: 


Berikut contoh printer yang dirawat dengan baik:


melihat perbedaan kedua printer diatas, dapat dilihat bahwa printer 1 sangat tidak terawat dengan model infus yang miring sehingga posisi infus tidak normal yang dapat mengakibatkan tidak stabilnya tinta menuju catridge.

berikut beberapa tips untuk merawat printer yang menggunakan infus agar tetap awet dan tahan lama untuk digunakan:

  1. Pastikan Infus Sama Tidak Berada lebih Tinggi dari Catridge
    ketika tabung infus berada lebih tinggi daripada catridge maka ketika tabung infus terisi penuh hasil cetakan akan berbeda ketika tabung infus tidak dalam keadaan penuh.
    Pastikan bahwa tabung infus berada lebih rendah dari catridge, minimal setara dengan catridge agar hasil cetakan tidak dipengaruhi oleh sedikit banyaknya tinta di dalam tabung infus.


  2. Biasakan Membuka Tutup Kecil setelah Penggunaan 3-4 kali PrintPenutup kecil berfungsi untuk mengatur tinta yang dibutuhkan oleh Catridge, ketika printer telah bekerja sebanyak 3-4 kali print maka sistem pengisapan pada catridge akan berfungsi untuk menghisap tinta yang ada pada tabung kecil infus.
    sehingga ketika sistem pengisapan ini berfungsi, penutup tabung kecil harus dilepas, agar sistem pengisapan pada catridge berfungsi dengan baik.
  3. Gunakan Tissu Kering Untuk Membersihkan head CatridgeDengan menggunakan Tissu yang steril untuk membersihkan head pada catridge maka head akan selalau berada dalam keadaan bersih, biasakan ketika telah menggunakan printer untuk membersihkan head Printer, agar tidak ada tinta sisa cetakan yang mengeras di head yang nantinya akan menghambat tinta keluar dari head catridge.
  4. Pasang Tabung PembuanganBeberapa pemasang infus biasanya tidak menyediakan lubang pembuangan pada printer yang dapat mengakibatkan Tinta pada head mengeras saat printer dalam keadaan offline. jika pemasang infus tidak memasangnya, maka anda harus menambah persenan untuk pemasang infus agar memasanga pembuangan agar tidak terjadi pengerasan tinta pada saat keadaan offline.
  5. Gunakan Air Hangat Untuk Membersihkan HeadJika hasil cetakan pada printer yang menggunakan infus maupun tidak, maka anda membutuhkan air hangat dan basahi tissue dengan air hangat tersebut dan selanjutnya usapkan air hangat tersebut dipermukaan head hingga tinta pada head keluar secara utuh.
Demikian Artikel Tips Cara Merawar Printer Infus Agar tetap awet versi Belajar Komputer dan semoga ini berguna untuk teman-teman yang menggunakan printer infus untuk tetap menjaga kebersihan dan keawetan Printer anda.

Terima Kasih . . .!

8 comments:

darman said...

klo kira2 kita selesai print haruskah katup kecil di tutup kembali

Unknown said...

iya mas, harus kembali ditutup, agar tinta printer tidak kembali ke tabung atau malah meluap dia catridge

Admin

darman said...

oke deh thanks yoo

Unknown said...

siip mas, salam kenal sebelumnya

digital printing said...

Printer adalah nyawa bagi sebuah bisnis percetakan.. Makasih atas infonya ya.. ^^

Michael said...

Mas, kalau tabung yang kecilnya habis apa gapapa ya ? trims

Unknown said...

clow bisa, jangan ampe habis,,, karna itu pengatur tinta yang masuk ke catridge dari tabung besar

Unknown said...

gan tanya donk...
kalo warnanya kurang jelas pas lagi ngerprint tuh knp ya??
mohon solusinya...
thankss..

salam,

Usahaini.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...