March 16, 2012

5 Penyebab Monitor Tidak Menampilkan Gambar


Dalam Menjalankan Komputer Biasanya terdapat Masalah-masalah Yang terjadi Yang diakibatkan oleh hal-hal yang belum pernah ditemui sebelumnya. Kali ini saya akan Mengulas tentang Penyebab apa saja yang menyebabkan Monitor tidak Menampilkan Gambar dan bagaimana cara mengatasinya sebagai berikut :

1.   Adanya VGA Card yang terpasang Namun Kabel Monitor Dipasang Di VGA Onboard

Dalam hal ini sebenarnya adalah hal yang sering terjadi pada computer, Mengapa? Dikarenakan pada PC terdapat VGA Onboard yang terpasang Permanen pada Komputer PC namun karena Kepuasan Tampilan Yang diberikan Oleh VGA Onboard Mungkin tidak memenuhi Standar resolusi yang di inginkan oleh pengguna sehingga Pengguna Biasanya menambahkan Interface VGA Card agar resolusi lebih tinggi yang biasanya dapat digunakan untuk Gaming dan Editing.


Namun Jika Kabel VGA terpasang di Onboard dan terdapt interface VGA Card ini dapat menyebabkan Monitor Tidak Dapat Menampilkan Gambar, ini dikarenakan BIOS (Basic Input Output System) Biasanya Disable VGA Onboard ketika ada VGA Card Yang terpasang. Jadi Jika Ini Terjadi pada anda, maka Pasanglah Kabel VGA Pada Posisi VGA Card

2.   Kabel VGA Bermasalah
Faktor ini adalah factor yang paling sering terjadi apalagi jika kabel VGA sering dicabut, ini dapat penyebabkan pin yang ada pada konektor kabel menjadi longgar di port VGA dan menyebabkan pin dari kabel tersebut tidak bersentuhan dengan kuningan yang ada didalam lubang kecil port VGA Pada PC.   

3.   Memory RAM Kotor
Inilah penyebab yang paling jarang diketahui apalagi oleh orang awam, dikarenakan bagi pemikiran orang awam, RAM dengan Monitor tidak berhubungan langsung jadi RAM tidak mungkin menjadi penyebab Hilangnya Gambar dilayar monitor. Namun pada kenyataannya inilah yang menjadi penyebab utama mengapa layar tidak menampilkan gambar apapun, RAM yang kotor menyebabkan pin dari RAM tidak terhubung dengan baik, biasanya RAM Kotor dikarenakan Pengguna PC tidak pernah melakukan perawatan pada PC, sehingga menyebabkan Debu menumpuk dibagian slot memori.

Agar memori tetap bias digunakan dengan baik hal yang harus dilakukan adalah membersihkan kuningan RAM dengan menggunakan penghapus pensil, namun jangan menyentuh langsung bagian kuningan RAM Karena tangan anda dapat merusak perangkat memori jika perangkat langsung disentuh dengan tangan tanpa menggunakan sarung tangan lateks atau grounding, ini dapat menyebabkan komponen terhantam listrik statis yang terkandung oleh telapak tangan sehingga dapat menyebabkan kerusakan jangka lama.

4.   VGA Card Tidak Support Dengan CPU
Mendengar Tidak Support pasti yang difikiran adalah mengganti dengan yang baru, tapi ini adalah solusi akhir jika VGA tidak support dengan CPU dikarenakan terdapat beberapa Mainboard yang memang tidak support dengan VGA tertentu sehingga menyebabkan layar monitor tidak menampilkan gambar (namun Biasanya terdapat Pesan error)

5.   VGA Tidak Support Dengan Operating Sistem
Tidak Support dengan operating system biasanya terjadi pada computer-komputer jenis lama, dimana ketika system terus mengikuti jaman namun Hardware yang terdapat dalam komponen CPU masih menggunakan Produk-Produk lama, biasanya penyebab tidak munculnya gambar dimonitor diakibatkan oleh resolusi yang dibutuhkan oleh system operasi lebih tinggi sehingga menuntut VGA untuk diupgrade sesuai dengan standar system Operasi tertentu.

Semoga Bermanfaat

5 comments:

Anonymous said...

komputer saya itu pakai vga crad onboard. terus kenapa tuh monitor saya gga menampilkan gambarnya.
nih saya gambarkan komputer saya ketika saya nyalakan:
1. cpu bekerja biasa, tpi layar monitor gelap
2. lampu indikator tidak menyala di cpunya.
3. lampu di dvdnya menyala terus.

Unknown said...

Untuk Mengatasi Masalah Anda,saya punya bebrapa tips untuk anda, dan semoga berhasil.

1. Coba Periksa kabel yang anda gunakan dari Monitor ke VGA, ganti dengan yang lain (Pinjam Bentar Punya Teman). ini untuk Melihat apakah kabel anda bermasalah

2. atau coba anda set prioritas bootingnya di BIOS, siapa tahu komputer anda membaca DVD anda sebagai first boot dan ingin agar menginsert disk untuk boot.

3. Jika cara diiatas belum berhasil, coba tukar monitornya dengan monitor yg lain, jika menuala, berarti monitor anda yg bermassalah.

Kresna Dilibra said...

Monitor Pc saya menampilkan "DISCONNECT" Ketika Dinyalakan,Padahal CPU menyala dengan baik,saya sudah membersihkan RAM & VGA nya,,,Tapi Tetap aja ,Minta Bantuannya,ya ! ?
Terima Kasih

Anonymous said...

mas, Vga ku inno 3D GF 9300GS, dan kabel didalamnya putus, bisa gak diganti/diperbaiki.....kasih tahu biayanya juga mas..

Unknown said...

Yang Putus kabel Apanya ?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...