March 13, 2012

Windows 8 Tidak Support Dual Booting Linux

Windows 8 yang sangat ditunggu-tunggu oleh para pecinta Produk Microsoft sepertinya akan sedikit merasa kecewa, terutama bagi yang menggunakan sistwm Dual Booting antara Windows dengan Linux. dikarenakan terdengar kabar yang sangat heboh saat ini yaitu dimana Windows 8 dilengkapi dengan secure booting UEFI (Unifed Extensible Firmware Interfaces) dimana Secure Booting ini berfungsi untuk mencegah komputer menjalankan sistem operasi yang tidak diberi sertifikat otoritas terpercaya seperti linux menurut sistem otoritas UEFI.



Benar atau salah, para eksekutif Microsoft belum berkomentar meskipun banyak yang menganggapnya benar. Matius Garrett manajemen dan pengembang Linux mobile di Red Hat, menjelaskan tentang bagaimana sistem Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) dan secure boot Microsoft, berpotensi menggagalkan mereka yang ingin menjalankan dual boot Linux dan Windows 8 pada PC Windows 8 mereka. Garrett juga menyimpulkan “kita belum layak untuk panik, tetapi hal ini perlu di khawatirkan.”


Garrett kembali menjelaskan mengenai kebijakan Microsoft, “Microsoft mensyaratkan bahwa seluruh mesin yang akan menjalankan Windows 8 harus berlogo Windows dengan fitur secure boot diaktifkan. Terdapat dua alternatif, yang pertama bahwa Windows akan di lisensi oleh Microsoft dan lisensi tersebut disertakan dengan seluruh sistem mesin, yang kedua masing-masing OEM (Original Equipment Manufacturer) memasukkan lisensi mereka sendiri dengan syarat menandatangani pra-instal versi Windows. Hal ini berarti setiap mesin yang berlisensi Microsoft dan OEM yang menjalankan Windows tidak akan bisa melakukan boot salinan generik dari Linux.”


Sumber:KabarIT.com

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...